Beranda \ Berita Polbeng \ Optimis ikuti Kontes Robot Nasional 2013

Optimis ikuti Kontes Robot Nasional 2013

 11 April 2013     windari marmianthi


Bengkalis (Polbeng)- Tim Robot Politek Negeri Bengkalis (Polbeng) lolos seleksi untuk mengikuti Kontes Robot Nasional 2013 yang akan diselenggarakan STMIK Teknokrat Lampung 17 hingga 20 April 2013 mendatang.

Ajang bergengsi ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan mengembangkan teknologi robotika ditanah air. Seperti tahun sebelumnya, sebelum berlaga ditingkat Nasional kontes robot akan diselenggarakan dimasing- masing regional dan ditahun ini regional I (Sumatra) akan dilaksanakan di STMIK Teknokrat Lampung, Regional II (Jawa Barat) dilaksanakan di PNJ Jakarta, Regional III (Jawa Tegah) dilaksanakan di UII Yogyakarta, Regional IV (Jawa Timur) UNS Surabaya, dan untuk Regional V (Sulawesi) akan dilaksanakan di Universitas Udayana Denpasar.

Dalam Kontes Robot Nasional 2013 ada beberapa jenis kategori yang diperlomakan yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Robot Seni Indonesia (KRSI). Dari 347 peserta yang lolos, tim Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) yang dimotori oleh Yoan Putra Lingga dkk menjadi salah satu peserta kategori KRSBI yang akan bertarung diajang Kontes Robot Nasional 2013 tingkat regional dengan Robot yang mereka namakan Abeng (Anak Bengkalis) 2.

“ melihat persiapan yang telah dilakukan sejak November 2012 kemarin, kami optimis sekali akan berhasil, semoga dalam pertandingan nantinya tidak ada masalah yang berarti agar semua sesuai dengan harapan”. Ujar Bapak Afridon selaku dosen pembimbing tim robot Politeknik Negeri Bengkalis. Beliau menambahkan, “Robot Abeng 2 ini memiliki banyak kelebihan dari robot AbEnQ2_pNb yang telah berhasil menjadi Juara I dalam Kontes Robot Nasional 2010 kategori Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Battle karena Abeng 2 sudah dapat mendeteksi bola dan bekerja secara otomatis” .

Pemenang dalam Kontes Robot Nasional 2013 ini akan berlaga ketingkat Asia Pasific yakni “ABU Robocon” yaitu kontes robot tingkat Asia Pasifik yang di tahun 2013 ini akan diselenggarakan di Vietnam dan tahun ini bertema The Green Planet. (hms-polbeng)