Beranda \ Berita Polbeng \ KKNI Jadi Patokan Kurikulum Perguruan Tinggi

KKNI Jadi Patokan Kurikulum Perguruan Tinggi

 20 November 2013     


Perguruan tinggi (PT) diharapkan dapat mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti. Upaya ini agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan oleh kalangan industri.

Hal itu disampaikan Koordinator Kopertis VI Jateng, Prof DYP Sugiharto di sela-sela Wisuda XIX Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Kamis (14/11). Dia mengatakan, KKNI merupakan salah satu kebijakan Kemdikbud yang diperuntukan bagi perguruan tinggi. Kebijakan itu dikeluarkan menyusul era kompetisi global yang harus dihadapi PTS.

"Dalam KKNI ada sembilan level dalam kategorisasi program-program pendidikan, misalnya program sarjana masuk dalam level enam. Level inilah yang akan menjadi standar atau ukuran bagi industri menyangkut kualitas sarjana," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya mengharapkan agar kurikulum program sarjana yang dikembangkan di PT diupayakan sesuai atau sejajar dengan level enam pada KKNI tersebut. Khususnya PTS harus aktif untuk menyesuaikan kurikulum sesuai standar yang ada dalam KKNI.

KKNI merupakan kebijakan pemerintah guna mendorong peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. "Maka bagi PTS harus bisa bersaing dengan lembaga-lembaga lain seperti lembaga kursus dan sebagainya," imbuh DYP.

sumber: suaramerdeka.com


Rilis Berita


Cegah Penyebaran COVID 19 di Lingkungan Kampus, Polbeng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) terus melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona atau covid 19 di lingkungan kampus hari ini jumat 03 April 2020. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan keseluruh....... Selengkapnya


Politeknik Negeri Bengkalis Resmi Umumkan Hasil SNMPN

LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

H-1 Menjelang Pengumuman SNMPN 2020

Polbeng Laksanakan Pengecekan Suhu Badan, Sebagai Bentuk Antisipasi Dini Covid-19

Polbeng Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Cegah Penyebaran Covid-19, Polbeng Terapkan Sistem Kuliah Daring

SNMPN 2020 Polbeng Capai 3000 Pendaftar

Lima Dosen Polbeng Tandatangani Kontrak Penelitian dan Pengabdian SIMLITABMAS

Berita Lainnya