Beranda \ Berita Polbeng \ TIM NABENK 02 Rebut Dua Gelar Diajang Roboboat 2013 Sampang Madura

TIM NABENK 02 Rebut Dua Gelar Diajang Roboboat 2013 Sampang Madura

 01 Desember 2013     


juara roboboat poltek bengkalisKontes Kapal Cepat Tak berawak nasional 2013 (KKCTBN 2013) atau Roboboat 2013 adalah kontes yang diselenggarakan oleh Dikti (Direktorat Perguruan Tinggi) dibawah Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) dan untuk pelaksanaannya dipercayakan kepada Institute Sepuluh November (ITS) Jurusan Teknik Perkapalan. Event ini bertujuan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain badan kapal, menetapkan prinsip engine matching dan merancang sistem otomatisnya. Dalam Kontes KKCTBN 2013 atau Roboboat 2013 sistem perlombaan terbagi dalam 3 kategori yaitu: Kapal Autonomous (otomatis/ sensor), Kapal Cepat dengan Sistem Manual (Remote Control) serta Kapal Cepat Fuel Engine (Manual System).

KKCTBN 2013 (Roboboat 2013) penyelenggaraannya berlokasi di Pantai Camplong Sampang Madura Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan dari 25-27 November 2013 dengan tema "Penguasaan Teknologi Bahari untuk menjadi Tuan Rumah di Laut Nusantara" diikuti oleh 30 Tim dari 18 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Ini merupakan kontes yang kedua kalinya digelar (even pertama diselenggarakan di Undip Semarang).

Dalam kontes ini, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) mengirim 1 tim andalannya dengan nama Nabenk 02 (Naval Architecture Bengkalis) dimotori oleh M. Reza Pahlefi, Wasseso Ilmi, Ricky Fadhly dan Pardi, MT sebagai pembimbing sekaligus Kajur Teknik Perkapalan. Pengalaman tahun lalu menjadi bahan koreksi bagi Polbeng untuk membuat perbaikan dan berinovasi. Usaha tersebut akhirnya membuahkan hasil, pada event ini Tim Abenk 02 berhasil melampaui pesaingnya dan berhasil meraih Juara II pada kategori Kapal Cepat Fuel Engine (Manual System) dan Best Design untuk kategori yang sama.

"Persiapan kami sejak September kemarin dan alhamdulillah usaha tim tidak sia- sia. Kami berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Polbeng pada event- event lain yang mungkin lebih bergengsi". Ungkap Pardi, MT ketika diwawancarai melalui telpon seluler. Dalam kejuaraan KKCTBN 2013 dalam kategori Kapal Cepat Feul Engine (Manual System) UGM (Universitas Gajahmada) meraih juara I, Politeknik Negeri Bengkalis juara II sekaligus meraih Best Desaign dan IPB (Institut Pertanian Bogor) meraih juara III. (WM_Polbeng)


Rilis Berita


Cegah Penyebaran COVID 19 di Lingkungan Kampus, Polbeng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) terus melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona atau covid 19 di lingkungan kampus hari ini jumat 03 April 2020. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan keseluruh....... Selengkapnya


Politeknik Negeri Bengkalis Resmi Umumkan Hasil SNMPN

LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

H-1 Menjelang Pengumuman SNMPN 2020

Polbeng Laksanakan Pengecekan Suhu Badan, Sebagai Bentuk Antisipasi Dini Covid-19

Polbeng Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Cegah Penyebaran Covid-19, Polbeng Terapkan Sistem Kuliah Daring

SNMPN 2020 Polbeng Capai 3000 Pendaftar

Lima Dosen Polbeng Tandatangani Kontrak Penelitian dan Pengabdian SIMLITABMAS

Berita Lainnya