Beranda \ Berita Polbeng \ Prodi Bahasa Inggris Bisnis-Polbeng Kunjungan Industri ke Malaysia

Prodi Bahasa Inggris Bisnis-Polbeng Kunjungan Industri ke Malaysia

 24 Februari 2014     


Sejumlah 30 orang mahasiswa, tiga orang dosen dan satu staf Program Studi Bahasa Inggris Bisnis (BIB) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) berangkat ke Malaysia, 11 Februari 2014, melalui pelabuhan Melaka dalam rangka Kunjungan Industri (KI). Kegiatan KI yang sudah menjadi tradisi civitas Polbeng sejak tahun 2005 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa tahun ke-2 untuk melihat langsung dunia industri yang kelak mereka geluti.

Namun, KI Prodi BIB tahun ini sedikit berbeda karena tahun ini merupakan kunjungan pertama warga Polbeng ke luar negeri. "Kami menargetkan Malaysia sebagai tujuan KI kami tahun ini karena selain biaya transportasi Bengkalis-Malaka yang jauh lebih murah dibandingkan ke Jakarta atau kota lain di Indonesia, Malaysia juga dinilai lebih familiar dalam penggunaan Bahasa Inggris baik di dunia akademik, industri maupun dalam keseharian masyarakatnya, yang tentunya lebih tepat untuk mahasiswa kami", ungkap Halim Dwi Putra, Ketua Prodi BIB

Hari pertama di Hotel Mahkota Melaka, rombongan mahasiswa mengikuti training Table Manner dan kemudian diikuti praktek Western Set Dinner pada malam harinya guna mendapatkan sertifikasi tata cara makan internasional yang merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa program studi Bahasa Inggris Bisnis.

Selama di Malaysia, rombongan mahasiswa dan dosen Prodi BIB sempat berkunjung ke Pusat Bahasa dan Pengembangan Insan - Universiti Teknikal Malaysia (UteM), Jurusan Perdagangan Internasional Politeknik Melaka dan ke Radio Melaka FM. Selain itu, rombongan juga sempat mengadakan audiensi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur dan bertemu ramah langsung dengan Kepala Atase Pendidikan, Prof. Rusdi, Ph.D. Dalam sambutannya Kepala Atase Pendidikan KBRI mengatakan, "Hubungan baik Indonesia-Malaysia perlu senantiasa dipupuk. Salah satunya dengan menggiatkan silaturahmi antara kedua belah pihak melalui kerjasama bidang pendidikan".

Koordinator Kunjungan Industri Prodi BIB 2014, Muhammad Sabri mengatakan bahwa kegiatan KI tahun ini bertemakan "education, experience, excitement". Sesuai temanya, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan ketiga hal tersebut yakni pengetahuan, pengalaman sekaligus hiburan bagi mahasiswa".

Selanjutnya, terkait dana untuk program KI ini telah dilakukan oleh mahasiswa dengan sistem menabung. "Polbeng hanya memberi bantuan untuk sertifikasi Table Manner, selebihnya adalah tabungan mahasiswa kami yang telah dikumpul sedikit demi sedikit selama setahun belakangan ini", ungkap Sabri. Sistem menabung ini sempat mengundang decak kagum dari pihak Politeknik Melaka sehingga mereka terinspirasi untuk menerapkan pula sistem tersebut bagi mahasiswa mereka untuk kegiatan-kegiatan kunjungan mereka pada masa yang akan datang.

Kunjungan selama empat hari ini tidaklah berakhir begitu saja. Kunjungan perdana ke Malaysia ini telah membuka pintu untuk peluang kerjasama lebih lanjut bagi kedua belah pihak. Dalam waktu dekat, para pensyarah (dosen) dari UteM akan merencanakan kunjungan balasan ke Politeknik Negeri Bengkalis. Kemudian, Ketua Jurusan Perdagangan Internasional Politeknik Melaka tertarik pula untuk melanjutkan kerjasama bidang penelitian bersama dosen-dosen di Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bengkalis. Selain itu, terbuka peluang bagi mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Bisnis untuk ikut andil dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti Kompetisi Debat Bahasa Inggris dan Student Camp yang bertaraf internasional. 

Sumber: Prodi BIB Polbeng


Rilis Berita


Politeknik Negeri Bengkalis Resmi Umumkan Hasil SNMPN

Hasil seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Bengkalis untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) resmi diumumkan hari Sabtu (28/3), setelah melewati beberapa tahapan seleksi dan verifikasi berkas 952 calon mahasiswa dari 2.963 pendaftar dinyatakan lolos, dengan....... Selengkapnya


LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

H-1 Menjelang Pengumuman SNMPN 2020

Polbeng Laksanakan Pengecekan Suhu Badan, Sebagai Bentuk Antisipasi Dini Covid-19

Polbeng Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Cegah Penyebaran Covid-19, Polbeng Terapkan Sistem Kuliah Daring

SNMPN 2020 Polbeng Capai 3000 Pendaftar

Lima Dosen Polbeng Tandatangani Kontrak Penelitian dan Pengabdian SIMLITABMAS

P3M Polbeng Kunjungan ke Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Berita Lainnya