Beranda \ Berita Polbeng \ Keterlibatan Mahasiswa dalam Pengawasan Pemilu sebagai Pembelajaran Politik

Keterlibatan Mahasiswa dalam Pengawasan Pemilu sebagai Pembelajaran Politik

 07 Maret 2014     


Jakarta- Pemilihan umum (pemilu) 2014 akan melibatkan mahasiswa untuk ikut mengawasi seluruh tahapan pemilu. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menandatangani nota kesepahaman dengan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad. Mendikbud mengatakan, mahasiswa bisa mendapatkan pembelajaran politik dan demokrasi dari keterlibatannya dalam mengawasi pemilu bersama Bawaslu.

"Urusan pemilu bukan sekedar urusan partai. Karena bangsa ini sudah sepakat mengambil jalur demokrasi sebagai mekanisme untuk menentukan kepemimpinan ke depan," ujar Mendikbud usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Ketua Bawaslu, di sela-sela kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2014.

Ia mengatakan, mahasiswa perlu mendapatkan wawasan bagaimana proses demokrasi berlangsung.
"Oleh karena itu melek terhadap politik atau pemilu menjadi penting," katanya.

Alasan Mendikbud menyepakati nota kesepahaman dengan Bawaslu adalah untuk mendorong kepedulian mahasiswa ikut serta menyikapi pemilu, dan menaikkan angka partisipasi generasi muda terhadap pemilu.

"Juga untuk meningkatkan kesadaran berdemokrasi dan berpolitik, tapi bukan politik praktis, melainkan harus mengenal substansi dari politik," jelas Mendikbud.

Menurutnya, selama ini pemantau pemilu banyak yang berasal dari pemantau asing. "Padahal ini negara kita sendiri," ujarnya. Karena itulah ia menyambut baik kerja sama yang ditawarkan Bawaslu untuk ikut melibatkan mahasiswa dalam pengawasan pemilu 2014.

sumber: www..kemdikbud.go.id


Rilis Berita


Cegah Corona Masuk Kampus, Polbeng Terapkan Cek Suhu Tubuh

Sebagai upaya mengantisipasi pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di lingkungan kampus, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) telah melakukan beberapa langkah-langkah pencegahan dini salah satunya dengan menerapkan pemeriksaan suhu tubuh bagi seluruh dosen,....... Selengkapnya


Cegah Penyebaran COVID 19 di Lingkungan Kampus, Polbeng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Politeknik Negeri Bengkalis Resmi Umumkan Hasil SNMPN

LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

H-1 Menjelang Pengumuman SNMPN 2020

Polbeng Laksanakan Pengecekan Suhu Badan, Sebagai Bentuk Antisipasi Dini Covid-19

Polbeng Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Cegah Penyebaran Covid-19, Polbeng Terapkan Sistem Kuliah Daring

SNMPN 2020 Polbeng Capai 3000 Pendaftar

Berita Lainnya