Beranda \ Berita Polbeng \ Serah Terima Program Hibah Bina Desa Polbeng

Serah Terima Program Hibah Bina Desa Polbeng

 14 April 2014     


Disela- sela acara Seminar kewirausahaan yang diselenggarakan pada sabtu (12/4/2014) di Gedung Cik Puan Bengkalis kemarin, turut juga diselenggarakan ditempat yang sama kegiatan serah terima Program Hibah Bina Desa Antara Kepala Desa Sekodi dengan Wadir III Bapak Mujiono MM selaku Wakil Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Bidang kemahasiswaan.

Ditahun 2013 yang lalu, Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) berhasil menjadi salah satu proposal dari 70 proposal yang memenangkan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2013 dengan total lebih dari 1.400 proposal yang masuk ke Dikti. PHBD merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Program Hibah Bina Desa adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa melalui organisasi mahasiswa baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan, yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan membantu meningkatkan taraf ekonomi dan ilmu pengetahuan.

Dalam PHBD 2013 tersebut, mahasiswa Polbeng memilih program pemanfaatan angin di desa Sekodi sebagai tenaga pembangkit listrik dengan menggunakan teknologi Kincir Angin.

"Dipilihnya program ini dikarenakan didesa tersebut selama ini masyarakatnya belum dapat menikamati listrik. Selain itu dengan melihat apresiasi masyarakat yang sangat baik dalam mendukung untuk terlaksanya program serta potensi angin dengan kekuatan 3.5 m/ detik yang ada didaerah tersebut menjadi dalah satu faktor yang menentukan dipilihnya Desa sekodi menjadi tempat dilaksanakannya program PHBD" uangkap Helmi salah satu anggota Tim PHBD Polbeng pada pemaparannya dalam acara tersebut.

Program PHBD ini dilaksanakan sejak bulam Mei 2013 hingga April 2014 dari mulai proposal, survey lapangan hingga proses pelaksanaan yang dibantu pula oleh para dosen dari Polbeng sendiri baik dari Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Elektro sebagai dosen pembimbing. (MW_Polbeng)


Rilis Berita


Cegah Penyebaran COVID 19 di Lingkungan Kampus, Polbeng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) terus melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona atau covid 19 di lingkungan kampus hari ini jumat 03 April 2020. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan keseluruh....... Selengkapnya


Politeknik Negeri Bengkalis Resmi Umumkan Hasil SNMPN

LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

H-1 Menjelang Pengumuman SNMPN 2020

Polbeng Laksanakan Pengecekan Suhu Badan, Sebagai Bentuk Antisipasi Dini Covid-19

Polbeng Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Cegah Penyebaran Covid-19, Polbeng Terapkan Sistem Kuliah Daring

SNMPN 2020 Polbeng Capai 3000 Pendaftar

Lima Dosen Polbeng Tandatangani Kontrak Penelitian dan Pengabdian SIMLITABMAS

Berita Lainnya