Beranda \ Berita Polbeng \ BIB Goes International

BIB Goes International

 24 September 2014     


Cita-cita Polbeng untuk menjadikan kampus Bathin Alam sebagai sebuah kampus bertaraf internasional bukanlah sebuah mimpi. Paling tidak hal tersebut sudah dilakukan oleh Program Studi Bahasa Inggris (BIB). Setelah melakukan Kunjungan Industri (KI) di Malaysia yang mengikutsertakan 30 mahasiswa dari Prodi tersebut pada bulan Februari yang lalu, dilanjutkan dengan program Kuliah Praktisi dengan mendatangkan salah seorang dosen dari Politeknik Melaka (Pn. Marina bt Abu Bakar, B.Ed, UK ,TESOL) untuk memberikan kuliah bagi mahasiswa BIB pada bulan April 2014 yang lalu. Kemudian, kerjasama internasional tersebut dilanjutkan dengan program Kuliah Praktek (KP) yang memagangkan beberapa orang mahasiswa BIB di sebuah perusahaan penerbangan di Melaka-Malaysia mulai tanggal 14 Juli sampai 12 September 2014.

Dalam bidang penelitian, kerjasama juga dilakukan dengan mengikutsertakan dosen prodi BIB untuk melakukan pembentangan (seminar penelitian). Seminar tersebut diselenggarakan oleh Politeknik Melaka dengan melibatkan 12 orang pemakalah dari empat Politeknik di Malaysia plus dua orang pemakalah dari Politeknik Negeri Bengkalis. "Pak Halim Dwi Putra dan saya sendiri diundang oleh pihak Poli Melaka untuk ikut menyeminarkan hasil penelitian kami disana", ungkap M. Sabri - Ketua Prodi BIB. Seminar penelitian tersebut di selenggarakan di gedung Auditorium Seri Malaka, Malaysia pada tanggal 18 September 2014 yang lalu.

Saat ini Prodi BIB sedang menjajaki kerjasama serupa ke kampus-kampus lain di Semenanjung Malaysia salah satunya adalah Politeknik Sultan Azlan Syah (PSAS) di Perak Darul Ridzwan. "Tahun depan kita akan mengupayakan tiga orang dosen Polbeng untuk menyampaikan hasil penelitian mereka di PSAS dengan syarat dosen yang bersangkutan mampu berbahasa Inggris", ujar Halim.

Tahun 2015, sekurang-kurangnya ada dua agenda luar negeri yang akan diupayakan oleh Prodi BIB. Pertama, Kunjungan Industri mahasiswa yang akan diarahkan ke tiga daerah (Melaka-KL-Perak). "Di Perak, selain berkunjung ke beberapa kampus, mahasiswa juga akan berkesempatan mengunjungi salah satu perusahaan besar di Malaysia, yakni Proton", tambah Sabri. Kedua, Politeknik Melaka berencana akan membawa 15 orang mahasiswa mereka ke Bengkalis untuk mensosialisasi program English Camp - program belajar Bahasa Inggris berbasis outbound.

Ketua Prodi BIB selanjutnya menambahakan, "Kita berharap Polbeng akan terus men-support upaya-upaya kita untuk menjalin kerjasama dengan luar negeri guna mewujudkan mimpi-mimpi Polbeng untuk menjadikan kampus ini berstandar internasional". (BIB_Polbeng)