Beranda \ Berita Polbeng \ KI Teknik Sipil: Sarana untuk menambah wawasan

KI Teknik Sipil: Sarana untuk menambah wawasan

 23 Januari 2015     windari marmianthi


Bengkalis (Polbeng)- Politeknik Negeri Bengkalis (polbeng) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan berbasis pendidikan vokasi dituntut harus mampu mengarahkan mahasiswanya untuk dapat memiliki keahlian terapan, menguasai kemampuan dalam bidang kerja dan dapat dapat menciptakan peluang kerja.

Polbeng menyadari akan peran perguruan tinggi sebagai produsen lulusan yang kreatif, inovatif dengan keterampilan khusus dan mampu berkompetisi dalam persaingan global. Dilatarbelakangi hal inilah Program Studi Teknik Sipil Polbeng untuk tahun 2015 ini kembali menyelenggarakan kegiatan Kunjungan industri (KI)yang dimulai sejak 25 Januari hingga 29 Januari 2015 mendatang, diikuti oleh 35 mahasiswa yang duduk disemester 4 dengan didampingi oleh 3 orang dosen Prodi Teknik Sipil sendiri yakni Marhadi Sastra, ST.,M.sc, Gunawan, ST.,MT, Oni Febriani, ST.,MT dan para Instruktur.

KI telah dilaksanakan sejak angkatan IV hingga saat ini, meskipun tidak setiap tahun KI ini dilaksanakan karenakan ada kendala-kendala dari mahasiswa itu sendiri salah satunya karena alasan materi atau dana. KI tahun ini hanya dilaksanakan di Prodi D3 Teknik Sipil semester 4 dan untuk D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (TPJJ) pada tahun ini belum dilaksanakan karena mahasiswa D4 TPJJ saat ini masih duduk di semester 2 dan akan mengikuti KI pada tahun berikutnya.

"Ditahun ini KI dilaksanakan di kota Padang, mahasiswa rencananya akan mengunjungi 3 tempat yakni Politeknik Negeri Padang, PT. Semen Padang dan PLTA Koto Panjang" jelas Faisal Ananda, ST.,MT Sekertaris Jurusan Prodi Teknik Sipil. "Diadakanya kunjungan tersebut merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa dalam menghadapai dunia kerja nantinya tidak hanya itu saja, dengan KI ini kami berharap mahasiswa kami dapat mempelajari tentang ilmu manajemen industri diperusahaan tersebut serta dapat melihat bagaimana pentingnya menjaga keselamatan saat bekerja" tambahnya.

Untuk PLTA Koto Panjang mahasiswa nantinya akan diperlihatkan bendungan yang memiliki sekala besar. Kunjungan di Politeknik Negeri Padang hanya sebagai temu ramah sesama perguruan tinggi dan sebagai bahan uji banding peralatan-peralatan praktek yang ada di Politeknik Negeri Padang tersebut.

"KI ini juga dilakukan selain sebagai bekal mahasiswa kami dalam menghadapi dunia kerja kedepan akan tetapi juga untuk refreshing bagi mahasiswa yang telah mengikuti ujian akhir semester dan yang tidak kalah pentingnya untuk mejalin kerjasama antara Polbeng dengan industri yang kami kunjungi tersebut". ungkap Faisal Ananda, ST.,MT. (hafist)