Beranda \ Berita Polbeng \ Sertifikasi Keterampilan Jurusan Teknik Elektro: Siapkan Mahasiswa Bersaing Memasuki Afta dan MEA

Sertifikasi Keterampilan Jurusan Teknik Elektro: Siapkan Mahasiswa Bersaing Memasuki Afta dan MEA

 16 Februari 2016     


Bengkalis (Polbeng) – (13/02) Indonesia saat ini telah memasuki suatu era yang menyatukan negara-negara dikawasan Asia Tenggara menjadi satu basis pasar dan produksi. Era ini lebih dikenal dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). MEA menyentuh lima aspek utama yaitu investasi, teknologi, manajemen, manufaktur dan sumber daya manusia (SDM).

Dari kelima aspek tersebut, Indonesia hanya memiliki keunggulan dalam aspek SDM sedangkan trend dari zaman ke zaman telah berubah dalam menjaring tenaga kerja. Standar untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari pekerjaan menjadi semakin tinggi, dari yang sebelumnya hanya berdasarkan ijazah dan transkrip nilai kini semakin bergeser pada keahlian berbahasa, kompetensi keahlian dan juga etika dalam bekerja (etika profesi).

Hal ini juga disadari oleh Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) sebagai salah satu berguruan tinggi yang mengedepankan keterampilan bagi setiap lulusannya, ditahun 2016 ini Polbeng mewajibkan bagi seluruh mahasiswanya disetiap program studi untuk membekali mahasiswanya dengan sertifikasi keterampilan. Seperti yang dilakukan oleh jurusan Teknik Elektro yang menyelenggarakan sertifikasi bidang Teknik Tenaga Listrik selama 3 hari (12-14 Februari 2016) di Aula Gd Utama Polbeng.

Sebanyak 77 orang mahasiswa yang terdiri dari 17 orang mahasiswa yang mengikuti uji kompetensi PLC (Programmebel Logic Control), 31 orang mahasiswa mengikuti uji kompetensi Jaringan Tegangan menengah dan 29 orang mahasiswa mengikuti uji kompetensi Jaringan Tegangan Rendah. “Tujuan dari Sertifikasi ini adalah tidak lain untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga yang terampil dan profesional dibidangnya yang dapat bersaing dalam memasuki AFTA dan MEA” ungkap Guswandi wadir I bidang Akademik Polbeng.

Dalam kegiatan sertifikasi kompetensi ini Jurusan Teknik Elektro Polbeng menggandeng APEI (Asosiasi Profesionalis Elektrikal Mekanikal Indonesia) sebagai pihak yang melaksanakan kegiatan tersebut dan dalam mengikuti kegiatan sertifikasi keterampilan ini mahasiswa tidak dikenakan biaya apapun karena seluruh biaya telah ditanggung oleh pihak kampus dan sekaligus ikut terdaftar dalam bursa kerja Nasional. (WM_polbeng)


Rilis Berita


Cegah Penyebaran COVID 19 di Lingkungan Kampus, Polbeng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) terus melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona atau covid 19 di lingkungan kampus hari ini jumat 03 April 2020. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan keseluruh....... Selengkapnya


Politeknik Negeri Bengkalis Resmi Umumkan Hasil SNMPN

LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

H-1 Menjelang Pengumuman SNMPN 2020

Polbeng Laksanakan Pengecekan Suhu Badan, Sebagai Bentuk Antisipasi Dini Covid-19

Polbeng Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Cegah Penyebaran Covid-19, Polbeng Terapkan Sistem Kuliah Daring

SNMPN 2020 Polbeng Capai 3000 Pendaftar

Lima Dosen Polbeng Tandatangani Kontrak Penelitian dan Pengabdian SIMLITABMAS

Berita Lainnya