Beranda \ Berita Polbeng \ Hari Kebangkitan Nasional ke-108 Tahun 2016

Hari Kebangkitan Nasional ke-108 Tahun 2016

 25 Mei 2016     


Setiap tanggal 20 Mei menjadi agenda rutin Politeknik Negeri Bengkalis (polbeng) untuk menggelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Hari yang merupakan sebuah momentum bangkitnya semangat Nasionalisme, integritas dan kesadaran sebuah bangsa untuk menunjukkan jadi diri sebuah bangsa melalui sebuah gerakan organisasi Yakni Budi Utomo.

Budi Utomo merupakan sebuah organisasi intelektual yang dimotori Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo tersebut kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 yang kemudian melahirkan Soempah Pemoeda. Dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pada hari ini 20 Mei 2016 bertepatan dengan Harkitnas ke-108, seluruh pegawai Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) baik itu tenaga pendidik kependidikan dan juga mahasiswa   melaksanakan upacara peringatan Harkitnas dilapangan Gd Utama Polbeng.

Tema Harkitnas ke-108 ini adalah “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter”. Tema ini mengandung pemaknaan Kebangkitan Nasional lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dan pembangunan manusia yang berkarakter. Bangsa ini harus kembali pada semangat ke Bhineka Tunggal Ika, semangat Pancasila dan rasa senasib dan sebangsa, kembali pada kepribadian nasionalnya sendiri. Suatu Negara jika ingin kuat dan langgeng harus ditata berdasarkan hukumnya sendiri dan berdiri di atas kepribadian nasionalnya sendiri, sesuai dengan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika, Rediantara yang dibacakan oleh Pimpinan Upacara yakni Wadir I Bidang Akademik Bapak Guswandi ST, MT dihadapan semua hadirin.

Diharapkan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbarui semangat Trisakti: berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini lnsya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang selanjutnya, yaitu menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional.(MW_Polbeng)


Rilis Berita


Cegah Penyebaran COVID 19 di Lingkungan Kampus, Polbeng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) terus melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona atau covid 19 di lingkungan kampus hari ini jumat 03 April 2020. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan keseluruh....... Selengkapnya


Politeknik Negeri Bengkalis Resmi Umumkan Hasil SNMPN

LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

H-1 Menjelang Pengumuman SNMPN 2020

Polbeng Laksanakan Pengecekan Suhu Badan, Sebagai Bentuk Antisipasi Dini Covid-19

Polbeng Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Desa Wonosari Bengkalis

Cegah Penyebaran Covid-19, Polbeng Terapkan Sistem Kuliah Daring

SNMPN 2020 Polbeng Capai 3000 Pendaftar

Lima Dosen Polbeng Tandatangani Kontrak Penelitian dan Pengabdian SIMLITABMAS

Berita Lainnya