Seminar Praktisi D-IV TMPP: Tilik Peluang dan Tantangan SDM di Bidang Agroindustri (Kelapa Sawit)

20 Des 2016 | Irmayanti


Industri di bidang kelapa sawit merupakan bisnis yang saat ini berkembang sagat pesat di Indonesia. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa saat ini Indonesia menjadi negara produsen dan eksportir Crude Palm Oil (minyak sawit mentah) terbesar di dunia. Fakta tersebut mengindikasikan bahwa peluang untuk berkecimpung dalam industri tersebut sangatlah terbuka mengingat kebutuhan SDM di ranah industri tersebut pasti besar.

Berangkat dari fakta tersebut, pada Sabtu (17/12) kemarin, Program Studi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan mengadakan seminar praktisi dengan tema “Peluang dan Tantangan SDM Teknik Mesin Produksi dan Perawatan di Bidang Agroindustri (Kelapa Sawit)” di Aula Gedung Utama Politeknik Negeri Bengkalis. Seminar praktisi tersebut diikuti oleh mahasiswa Program Studi D-IV TMPP dari semester satu sampai semester tujuh.

Dalam seminar setengah hari tersebut, pihak prodi mengundang Bapak Muhammad Ishak dari Information, Communication and Technology (ICT) Department- Business Process Improvement PT. Salim Ivomas Pratama. Yang merupakan salah satu perusahaan agrobisnis kelapa sawit di Indonesia.

Ketua Program Studi D-IV TMPP, Imran dalam penyampaian laporan ketua pelaksana menegaskan kepada mahasiswa akan pentingnya kegiatan kuliah praktisi ini. “Jika pada kunjungan industri mahasiswa yang mendatangi industri, maka dalam seminar praktisi ini mahasiswa didatangi oleh orang dari industri.” tuturnya. Beliau menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini rugi jika tidak diikuti karena banyak ilmu yang bisa didapat, ditambah lagi mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Dalam seminar tersebut, narasumber berbagi tentang proses pengolahan sawit di perusahaan mereka, mulai dari proses pemanenan sampai diolah menjadi minyak mentah melalui gambar serta video yang ditampilkan. Beliau juga memberikan gambaran tentang peluang serta tantangan berada dalam industri kelapa sawit kepada peserta seminar. Setelah memberikan materi, narasumber turut memberikan kesempatan bertanya seputar industri kelapa sawit kepada peserta. Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama peserta dengan narasumber. (imy)

Shared