Beranda \ Berita Polbeng \ Mahasiswa Polbeng Gelar Diskusi Dengan Mahasiswa Negeri Jiran

Mahasiswa Polbeng Gelar Diskusi Dengan Mahasiswa Negeri Jiran

 07 April 2017     Andriano


Baru-baru ini, beberapa universitas dari negara jiran, Malaysia, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dinamai Community Engagement @Bengkalis (Muallaf '17) yang yang bertujuan untuk membina masyarakat muallaf di desa Jangkang. Dalam program yang dilaksanakan selama lebih kurang seminggu ini, pihak pelaksana mengadakan berbagai kegiatan dengan masyarakat setempat yang melibatkan pihak pemda dan perguruan tinggi di Bengkalis, yakni Politeknik Negeri Bengkalis dan STAIN Bengkalis.

Salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah diskusi antara mahasiswa Malaysia yang terlibat dengan mahasiswa dari Bengkalis.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula gedung utama Polbeng pada Jumat (7/4/17) ini diikuti oleh 50 mahasiswa dari tiga universitas di Malaysia, yakni Universitas Teknologi Malaysia (UTM), Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), dan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI). Sedangkan peserta dari Bengkalis adalah 50 mahasiswa dari Politeknik Negeri Bengkalis dan 10 mahasiswa STAIN Bengkalis. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Direktur I, Kasmawi dan dihadiri oleh beberapa dosen dan karyawan dilingkungan kampus Polbeng.

Kegiatan diskusi ini mengangkat tema "Mengembangkan Intelektualitas Mahasiswa dalam Rangka Mempererat Silaturahmi dan Membangun Solidaritas Mahasiswa Melayu Serantau" yang bertujuan untuk sharing dan bertukar informasi antar mahasiswa dari kedua negara. Kegiatan diskusi ini diisi dengan pengenalan masing-masing kampus serta presentasi program dan kegiatan kampus serta prestasi masing-masing kampus.

Dalam sambutannya, Kasmawi berharap kegiatan diskusi ini bukan menjadi yang terakhir kalinya bagi para peserta. Beliau juga mengungkapkan keinginan Polbeng untuk berkunjung ke kampus-kampus di Malaysia. "Semoga suatu saat nanti kami dapat berkunjung ke Malaysia dan melihat kampus disana," ungkapnya.

Sedangkan dari perwakilan mahasiswa Malaysia, Arina mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sambutan pihak kampus di Bengkalis. Beliau berharap diskusi ini dapat menjadi ajang bertukar informasi antara mahasiswa sehingga dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi kedua Negara.

Kegiatan ini merupakan satu lagi langkah positif bagi Polbeng untuk mewujudkan visi institusi. Dengan terjalinnya kerjasama dengan kampus negara tetangga, menunjukkan bahwa meskipun berada di zona terluar, Polbeng tetap bisa berbangga diri dan tentunya meningkatkan motivasi diantara sivitas akademika untuk membangun kampus ke arah yang lebih baik. (IRM)