Beranda \ Berita Polbeng \ Usulan Water Splash Tank Dosen Polbeng Raih Juara 2 Ajang TTG Provinsi Riau

Usulan Water Splash Tank Dosen Polbeng Raih Juara 2 Ajang TTG Provinsi Riau

 08 Agustus 2017     Andriano


Dalam ajang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan pada 17 s/d 19 Juli lalu di Pekanbaru, satu dari tiga usulan dari Politeknik Negeri Bengkalis berhasil menjadi juara 2. Proposal tersebut diusulkan oleh Romadhoni dan Fahendi yang merupakan dosen dan laboran Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis, yakni usulan pembuatan Water Splash Tank (WATAN).

Kegiatan yang diikuti oleh perguruan tinggi-perguruan tinggi dan masyarakat umum Riau ini diadakan di Hotel Mona Pekanbaru. Peserta yang usulannya dinyatakan telah lolos seleksi sebelumnya diminta untuk mempresentasikan proposal mereka di hadapan juri yang terdiri dari akademisi dan panitia BMD. Dewan juri akan memberikan penilaian berdasarkan pemanfaatan teknologi tersebut di masyarakat, jumlah yang telah diproduksi, besar nilai tambah terhadap penghasilan masyarakat, dan sebagainya.

Menurut Romadhoni, usulan pembuatan alat tersebut dipilih karena masalah yang dihadapi petani dalam proses penyemprotan hama dan pemupukan tanaman karena masih memakai alat konvensional yang menggunakan tenaga lebih besar dan waktu yang lebih lama, kualitas pemupukannya juga lebih rendah.

Selanjutnya, beliau berharap alat yang dibuat ini dapat bernilai guna untuk masyarakat, terutama kelompok tani kecil dalam proses pemupukan dan penyemportan hama sayur dan perkebunan seperti tanaman cabe, jagung, bayam, sawi dan lain-lain sehingga hasilnya sesuai yang diharapkan.

“Saya berharap semoga alat ini dapat segera diproduksi dalam jumlah banyak dan didistribusikan kepada kelompok-kelompok tani kecil yamg ada di Bengkalis,’’ungkapnya (IRM)


Rilis Berita


UiTM Malaysia akan Kerjasama dengan Polbeng untuk Sukseskan “Ekspedisi Kayak Nusantara Riau 2018” 23 Juli Mendatang

Beberapa waktu lalu, tepatnya Senin (16/4), Polbeng kedatangan Kepala Pusat Sukan (Sports Center) Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM), Zamri bin Abdul Kahar. Kedatangan pihak UiTM ini adalah untuk membicarakan event Ekspedisi Kayak Nusantara Riau 2018 yang akan digelar oleh pada 21-25 Juli....... Selengkapnya


Dua Jurnal Ilmiah Terbitan P3M Polbeng Terakreditasi Ristek Dikti

Polbeng Gelar Tes Tertulis Calon Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

432 Mahasiswa Polbeng Resmi Mulai Kerja Praktek

Polbeng Tandatangani MoA dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Polbeng Jadi Tuan Rumah Temu Wicara FKMTSI Regional Riau-Kepri Kedua

Kesempatan Jadi Mahasiswa Polbeng Masih Terbuka Lewat Penerimaan Jalur Mandiri

597 Calon Mahasiswa Bersaing di UMPN 2018 Polbeng

Jelang Berbuka, Ormawa dan Ikatan Duta Polbeng Bagi - Bagi Takjil

Berita Lainnya