Beranda \ Berita Polbeng \ Usulan Water Splash Tank Dosen Polbeng Raih Juara 2 Ajang TTG Provinsi Riau

Usulan Water Splash Tank Dosen Polbeng Raih Juara 2 Ajang TTG Provinsi Riau

 08 Agustus 2017     Andriano


Dalam ajang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan pada 17 s/d 19 Juli lalu di Pekanbaru, satu dari tiga usulan dari Politeknik Negeri Bengkalis berhasil menjadi juara 2. Proposal tersebut diusulkan oleh Romadhoni dan Fahendi yang merupakan dosen dan laboran Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis, yakni usulan pembuatan Water Splash Tank (WATAN).

Kegiatan yang diikuti oleh perguruan tinggi-perguruan tinggi dan masyarakat umum Riau ini diadakan di Hotel Mona Pekanbaru. Peserta yang usulannya dinyatakan telah lolos seleksi sebelumnya diminta untuk mempresentasikan proposal mereka di hadapan juri yang terdiri dari akademisi dan panitia BMD. Dewan juri akan memberikan penilaian berdasarkan pemanfaatan teknologi tersebut di masyarakat, jumlah yang telah diproduksi, besar nilai tambah terhadap penghasilan masyarakat, dan sebagainya.

Menurut Romadhoni, usulan pembuatan alat tersebut dipilih karena masalah yang dihadapi petani dalam proses penyemprotan hama dan pemupukan tanaman karena masih memakai alat konvensional yang menggunakan tenaga lebih besar dan waktu yang lebih lama, kualitas pemupukannya juga lebih rendah.

Selanjutnya, beliau berharap alat yang dibuat ini dapat bernilai guna untuk masyarakat, terutama kelompok tani kecil dalam proses pemupukan dan penyemportan hama sayur dan perkebunan seperti tanaman cabe, jagung, bayam, sawi dan lain-lain sehingga hasilnya sesuai yang diharapkan.

“Saya berharap semoga alat ini dapat segera diproduksi dalam jumlah banyak dan didistribusikan kepada kelompok-kelompok tani kecil yamg ada di Bengkalis,’’ungkapnya (IRM)