Beranda \ Berita Polbeng \ Polbeng Ikut Ambil Bagian dalam Bengkalis Education & Business Expo 2017

Polbeng Ikut Ambil Bagian dalam Bengkalis Education & Business Expo 2017

 30 September 2017     Andriano


Akhir pekan lalu, tepatnya 29 September s/d 01 Oktober, Kabupaten Bengkalis baru saja menyelenggarakan sebuah pameran pendidikan dan Bisnis yang dinamai Bengkalis Education and Business Expo 2017. Pameran ini digelar di Lapangan Tugu Bengkalis oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dan diorganisir oleh Event Organizer (EO) Star Media Entertainment Bengkalis.

Dalam pameran tiga hari tersebut, ada 16 stand bsnis dan produk pendidikan yang ikut ambil bagian, termasuk salah satunya Kampus Politeknik Negeri Bengkalis. Stand Polbeng sendiri diketuai oleh Andriano, salah satu staf bagian Humas. Selama kegiatan tersebut, Polbeng memamerkan dan mempromosikan hasil karya Tugas Akhir mahasiswa, serta beberapa karya mahasiswa yang pernah diikutkan dalam lomba tingkat regional maupun nasional. Dalam pameran tersebut, karya-karya mahasiswa Polbeng yang turut dipamerkan diantaranya, karya mahasiswa Teknik Mesin yakni Mesin Pencacah Sampah Organik, Karya mahasiswa Teknik Elektro antara lain; Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Pengering Otomatis berbasis Mikro Kontroler, Pintu Otomatis, Kursi yang memanfaatkan sinar matahari yang bisa dipakai untuk mencharge handphone, dan kapal robobot yang pernah meraih juara 1 kategori the best design Kontes Robobot di Madura pada 2015 silam.   Ada juga panduan lalu lintas karya mahasiswa Teknik Informatika.

Stand Polbeng yang memamerkan karya-karya mahasiswa ini mampu menarik minat pengunjung diantaranya orang tua yang tertarik dengan robobot untuk mainan anak-anak, masyarakat yang tertarik dengan mesin pencacah sampah organik serta siswa SMK. Beberapa petani juga telah memesan mesin pencacah sampah organik yang dipamerkan untuk pengolah pakan ternak mereka.

“Dengan adanya pameran ini, kami bisa menunjukkan hasil karya mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis sekaligus mempromosikan kegunaannya kepada masyarakat umum. Kami berharap pameran ini bisa diadakan lagi tahun depan sehingga bisa menjadi media promosi kampus kepada masyarakat Bengkalis,” ungkap Andriano, Ketua Panitia Stand Polbeng.

Selain Polbeng, beberapa stand lain yang turut meramaikan pameran tersebut antara lain; stand ponsel, bsnis travel umroh, showroom mobil, toko furnitur, toko kosmetik, stand tat arias, dan UKM Desa Senggoro. Menurut Suhaimi, founder Star Media Entertainment, expo ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan mempromosikan produk pendidikan dan bisnis dan mengenalkan kepada masyarakat kualitas produk daerah. Expo ini juga merupakan salah satu langkah dalam upaya mempromosikan Bengkalis sebagai Kota Pendidikan. (IRM)