Beranda \ Berita Polbeng \ Polbeng Welding Competition 2017, Asah Hardskill Las Mahasiswa

Polbeng Welding Competition 2017, Asah Hardskill Las Mahasiswa

 10 November 2017     Irmayanti


Dalam rangka meningkatkan hardakill mahasiswa di bidang pengelasan, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (HIMPROPER) menggelar Polbeng Welding Competition (PWC) 2017 pada Sabtu (11/11) lalu. Kompetisi yang dilaksanakan di Bengkel Las Galangan Polbeng ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan dan Teknik Mesin.

Menurut panitia, salah satu tujuan pelaksanaan kompetisi ini adalah untuk mencari bibit baru dalam bidang pengelasan untuk persiapan kompetisi di tingkat nasional. Pelaksanaan ini merupakan yang pertama kalinya di Polbeng. Peserta sangat antusias dan semangat untuk mengikuti kompetisi, oleh karena itu pendaftaran terpaksa dibatasi untuk 40 peserta saja.

Dalam kompetisi ini peserta diminta untuk membuat tiga buah jalur las dengan 2 buah stop dan run pada masing-masing jalur. Adapun juri yang menilai adalah Efrizal dan Alfi Junaidi yang masing-masing merupakan laboran Teknik Perkapalan dan Teknik Mesin.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini turut dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin, Erwen Martianis. Setelah semua peserta menyelesaikan pekerjaan las dan melalui penilaian dari tim juri, panitia akhirnya mengumumkan nama-nama pemenang. Juara 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh Abd. Gofar (Teknik Perkapalan), Reza Septiawan (Teknik Perkapalan), dan Jansen Andrianto (Teknik Mesin). Sementara harapan 1, 2 dan 3 diraih oleh Sabri (Teknik Perkapalan), M. Prayetno (Teknik Mesin) dan Muhammad Rahmad (Teknik Mesin).

Suherman, yang merupakan panitia acara berharap skill las di kalangan mahasiswa Polbeng lebih ditingkatkan lagi. "Agar kita mampu bersaing di tingkat nasional dengan kampus-kampus lain, kami berharap dukungan dari pihak pimpinan dalam hal pelatihan dan pendanaan," ungkapnya. Kompetisi ini berakhir pada pukul 15.00 WIB, ditutup dengan pembagian hadiah dan foto bersama. (IRM)