Beranda \ Berita Polbeng \ Bekerjasama dengan Dishub, Tim Pengabdian Polbeng Lakukan Studi Penyesuaian Tarif Pelabuhan RoRo Bengkalis.

Bekerjasama dengan Dishub, Tim Pengabdian Polbeng Lakukan Studi Penyesuaian Tarif Pelabuhan RoRo Bengkalis.

 13 Desember 2017     Irmayanti


Salah satu tim pengabdian PNBP Politeknik Negeri Bengkalis yang terdiri dari tiga orang dosen Jurusan Teknik Perkapalan baru-baru ini telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa studi kenaikan pass masuk Pelabuhan RoRo Bengkalis.

Kegiatan pengabdian ini telah dimulai sejak sebulan yang lalu melalui pendampingan dan kerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis dengan puncak kegiatan pemaparan hasil studi yang dilaksanakan pada Rabu (13/12) lalu.

Dalam pengabdian ini, Akmal Lazuardy bersama dua anggota timnya, Nur Rahmani dan Romadhoni membantu Dinas Perhubungan untuk melakukan penyesuaian tarif pengguna jasa RoRo. Hal ini dilakukan karena tim merasa belum ada perubahan tarif yang berlaku sejak diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2011 lalu.

Berdasarkan hasil pendampingan intensif selama satu bulan tersebut, kedua belah pihak menyimpulkan bahwa beberapa jenis golongan pengguna jasa akan mengalami kenaikan tarif. Hal ini berdasarkan survey kepada pengguna  jasa yang dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 3 Desember 2017 lalu untuk mengetahui respon mengenai kenaikan tarif ini. Survey ini melibatkan bantuan dari mahasiswa Teknik Perkapalan dan Ketatlaksaan Pelayaran Niaga sebagai surveyor.

Hasil laporan survey ini kemudian diserahkan kepada pihak Dinas Perhubungan yang diwakili oleh Aris Firmansyahn selaku Kepala Seksi Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan. Pihak tim pengabdian ini berharap hasil dari pengabdian ini dapat menjadi pedoman bagi Dishub dalam menyesuaikan tarif pass masuk Pelabuhan RoRo Bengkalis sehingga menguntungkan bagi pihak pengelola pelabuhan dan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik bagi pengguna jasa. (IRM)