Beranda \ Berita Polbeng \ Polbeng Tandatangani Perjanjian Program Pendidikan Perguruan TInggi se ASEAN

Polbeng Tandatangani Perjanjian Program Pendidikan Perguruan TInggi se ASEAN

 07 April 2018     Irmayanti


Pekan lalu, tepatnya tanggal 5-6 April 2018, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Politeknik Negeri Bengkalis, Teguh Widodo menghadiri acara pertemuan perguruan tinggi-perguruan tinggi di kawasan ASEAN dengan SEAMO. Acara yang bertempat di Gedung Pasca Sarjana Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tersebut diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Filipina serta pihak SEAMO (South East Asia Ministry of Education Organization) yakni organisasi Kementerian Pendidikan ASEAN yang bersekretariat di Thailand.

Dalam acara tersebut, perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi yang hadir menandatangani perjanjian dengan SEAMO untuk penyelenggaraan SEA-TVET Students Internship Exchange Program atau program pertukaran mahasiswa magang dan SEA-TVET Dual Program mahasiswa ASEAN.

Kedua program yang diselenggarakan oleh kampus-kampus kawasan ASEAN dengan di mediatori oleh SEAMO tersebut akan dilaksanakan pada bulan Agustus-September mendatang dimana Polbeng terlibat sebagai salah satu partisipan.

Adapun gambaran program pertukaran mahasiswa magang adalah kampus-kampus yang terlibat dalam program ini akan saling mengirim mahasiswa mereka untuk magang di kampus lain selama lebih kurang sebulan. Selain itu, pihak industri juga akan terlibat  dimana magang juga dilaksanakan di perusahaan-perusahaan yang dekat dengan kampus.

Sementara dual program adalah program kerjasama pendidikan dimana selain menempuh pendidikan di kampus asal, mahasiswa dari satu perguruan tinggi akan dikirim untuk melanjutkan pendidikan di kampus lain yang telah bekerjasama di kawasan ASEAN sehingga di akhir masa studi, mahasiswa tersebut akan memperoleh gelar ganda.

Keberadaan program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di kawasan ASEAN dan mengeratkan jalinan kerjasama antar negara, terutama di bidang pendidikan. Program ini juga merupakan kesempatan besar bagi Polbeng, khususnya mahasiswa untuk mnambah pengalaman dan wawasan dengan melihat dan berinteraksi dengan kampus-kampus lain, termasuk kampus luar negeri. (IRM)