Beranda \ Berita Polbeng \ UiTM Malaysia akan Kerjasama dengan Polbeng untuk Sukseskan “Ekspedisi Kayak Nusantara Riau 2018” 23 Juli Mendatang

UiTM Malaysia akan Kerjasama dengan Polbeng untuk Sukseskan “Ekspedisi Kayak Nusantara Riau 2018” 23 Juli Mendatang

 19 Juli 2018     Andriano


Beberapa waktu lalu, tepatnya Senin (16/4), Polbeng kedatangan Kepala Pusat Sukan (Sports Center) Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM), Zamri bin Abdul Kahar. Kedatangan pihak UiTM ini adalah untuk membicarakan event Ekspedisi Kayak Nusantara Riau 2018 yang akan digelar oleh pada 21-25 Juli mendatang.

Ekspedisi Kayak Nusantara ini diselenggarakan oleh Sports Center UiTM, dalam rangka memecahkan Malaysian Book of Records dimana 100 kayak akan didayung sejauh 60 kilometer dari perairan Port Dickson ke Malaka dan berakhir di Johor. Selanjutnya, 20 kayak akan melanjutkan perjalanan hingga melewati perbatasan perairan Malaysia-Indonesia dan akan berlabuh di Pulau Bengkalis.

Pertemuan perwakilan UiTM kemarin adalah untuk meminta bantuan Polbeng sebagai fasilitator untuk menjemput rombongan UiTM yang berjumlah 220 orang, terdiri dari mahasiswa dan pimpinan, karena mereka berencana akan berkemah di area kampus Polbeng dan melaksanakan beberapa kegiatan selama di Bengkalis, diantaranya pengabdian masyarakat, pertandingan persahabatan, dan malam pertukaran budaya. Rencananya, tanggal 21-23 rombongan akan berada di Muar, kemudian tanggal 23-25 mereka akan berada di Bengkalis.

Adapun rangkaian kegiatan akan dimulai dengan penyambutan rombongan UiTM di Pelabuhan Selatbaru pada tanggal 23 Juli, dilanjutkan dengan Muhibah Polbeng bersama UiTM di Kampus Polbeng pada malam harinya.

Keesokan harinya, yakni tanggal 24 Juli, akan diadakan kegiatan pengabdian dan pengenalan budaya Kabupaten Bengkalis dengan melakukan penanaman bibit mangrove dan kunjungan bakti sosial ke Makam Bersejarah Panglima Minal di Desa Air Putih. Di hari yang sama, rombongan akan dibawa ke Kampung Zapin, Meskom.

Malam harinya, kedua pihak akan melakukan acara pertukaran budaya di Balai Kerapatan Adat Bengkalis sebelum kembali pulang ke Malaysia pada tanggal 25 Juli.

Direktur Polbeng, Muhamad Milchan menyambut baik kerjasama ini. Selain Polbeng, pelaksanaan kegiatan juga bekerjasama dengan Konsulat Kedutaan, Dinas Pariwisata Propinsi Riau, dan TNI Angkatan Laut yang akan melakukan pengawalan ketika rombongan UiTM telah melewati perbatasan.

Hal ini sesuai dengan hasil diskusi kunjungan pihak UiTM ditemani dosen Polbeng ke kantor konsulat kedutaan di Pekanbaru pada Selasa (17/4) lalu. Sampai saat ini, kedua belah pihak terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan event. (IRM)