Beranda \ Berita Polbeng \ SEA-TVET Tahap 1, Dua Mahasiswa Malaysia Magang di Polbeng dan PT. Indah Kiat

SEA-TVET Tahap 1, Dua Mahasiswa Malaysia Magang di Polbeng dan PT. Indah Kiat

 05 September 2018     Irmayanti


Politeknik Negeri Bengkalis sebagai salah satu kampus mitra dalam Program South East Asia Technical and Vocational Education (SEA-TVET) atau Program Pertukaran Mahasiswa Magang Tingkat ASEAN beberapa waktu lalu menerima dua mahasiswa dari Politeknik Ungku Omar Malaysia, yakni Muhammad Adib dari Jurusan Teknik Sipil dan Muhammad Haziq dari Jurusan Mesin Automotif untuk melaksanakan program tersebut di Polbeng dan mitra industri.

Kedua mahasiswa ini sudah sampai di bengkalis sejak tanggal 18 Agustus dan mulai magang sejak tanggal 20 Agustus sampai tanggal 25 Agustus. Di Polbeng, mereka diarahkan ke jurusan yang sesuai dengan bidang studi di politeknik asal mereka. Mereka diperkenalkan dengan lingkungan kampus Polbeng selama seminggu sebelum melanjutkan magang ke mitra industri.

Selanjutnya, mulai tanggal 26 Agustus lalu, kedua mahasiswa ini berada di Perawang untuk melanjutkan magang di mitra industri yang dalam hal ini adalah PT. Indah Kiat Pulp and Paper. Pihak Humas Indah Kiat menempatkan mahasiswa ini di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliah mereka. Muhammad Adib di tempatkan di bagian proyek jalan dan bangunan Indah Kiat, sementara Muhammad Haziq ditempatkan di Bengkel Mesin Pulp.

Menurut M. Alkadri Perdana, koordinator program SEA-TVET untuk Polbeng, pihak Indah Kiat menanggapi program ini dengan baik. Sebagaimana yang disampaikan pihak humas perusahaan, Indah Kiat selalu berkomitmen terhadap pendidikan vokasi di Riau khususnya. Dengan program magang ini, Indah Kiat berusaha untuk membekali peserta magang dengan skill dan pengetahuan dunia industri, terutama di era MEA ini.

Program internship di perusahaan/mitra industri ini akan berlangsung selama lebih kurang tiga minggu dan akan berakhir pada tanggal 13 September mendatang. (IRM)