Beranda \ Berita Polbeng \ Tim Pengabdian Polbeng Gelar Pelatihan Pengeringan Tepung Sagu untuk KWT Desa Temeran

Tim Pengabdian Polbeng Gelar Pelatihan Pengeringan Tepung Sagu untuk KWT Desa Temeran

 24 September 2018     Irmayanti


Kelompok Wanita Tani (KWT) Sobirin Desa Temeran beberapa waktu lalu menerima kunjungan dari salah satu tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Akmal Indra, Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Polbeng dan Wawan Kurniawan, salah satu Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Bidang Pertanian.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan Pelatihan Pengeringan Tepung Sagu untuk KWT di Desa Temeran. Kegiatan ini tepatnya dilaksanakan pada Sabtu, (22/9) dan berlangsung selama sehari. Turut terlibat dalam kegiatan tersebut, Rohani selaku ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Temeran serta ibu-ibu anggota KWT yang memiliki usaha pengolahan tepung sagu,

Menurut Akmal Indra, selama kegiatan tim memberikan pelatihan singkat mengenai proses pengeringan tepung sagu secara konvensional. Sampai saat ini, kelompok pengolah tepung sagu di Desa Temeran ini masih menggunakan peralatan sederhana dalam proses pengeringan tepung sagu. Mereka hanya menggunakan talam yang terbuat dari alumunium dengan kapasitas 30 kg setiap kali proses. Pengeringan tepung sagu juga masih mengandalkan sinar matahari sehingga sangat bergantung pada kondisi cuaca dan tidak bisa dilakukan di malam hari.

Dengan kondisi ini, mitra mengharaplan tim pengabdian dapat menemukan solusi bagi permasalahan yang dihadapi kelompok tani tersebut dengan menciptakan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka.

“Kami tim pelaksana sudah berkoordinasi dengan Bapak Wawan Kurniawan, Petugas Penyuluh Lapangan bidang Pertanian untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi KWT Sobirin ini. Rencananya, kami akan segera menyiapkan pengajuan proposal untuk penelitian maupun pengabdian untuk memperoleh pendanaan Dikti,” ungkap Akmal. (IRM)