Beranda \ Berita Polbeng \ Kelompok PKK Desa Bantan Sari dan Bantan Timur Antusias Ikuti Pelatihan Pembuatan Nata de Coco dari Tim Pengabdian Polbeng

Kelompok PKK Desa Bantan Sari dan Bantan Timur Antusias Ikuti Pelatihan Pembuatan Nata de Coco dari Tim Pengabdian Polbeng

 25 September 2018     Irmayanti


Selasa, (25/9) lalu, salah satu tim pengabdian PNBP dosen Jurusan Administrasi Niaga Polbeng yang terdiri dari M. Alkadri Perdana dan Hutomo Atman Maulana menggelar Pelatihan dan Edukasi Pembuatan Nata de Coco dari air kelapa di Kecamatan Bnatan tepatnya di Desa Bantan Sari dan Bantan Timur. kegiatan pelatihan ini digelar bersama dengan salah satu pemilik UMKM Nata de Coco di Duri yang sudah merintis usahanya sejak 2014 silam, Hilal Rahmat.

Diikuti oleh lebih kurang 40 anggota PKK desa, kegiatan ini turut dihadiri dan didukung oleh Kepala dan perangkat Desa Bantan Timur.

Selama kegiatan, tim memberikan pelatihan pengolahan air kelapa untuk dijadikan nata de coco dan menambah pendapatan kelompok PKK. Seperti yang diketahui, Desa Bantan Timur dan Bantan Sari yang dikenal memiliki banyak pohon kelapa dan banyak mengolah kelapa. Namun, air buah kelapa tersebut hanya terbuang tanpa dimanfaatkan warga. Oleh karena itu, tim menggelar kegiatan pelatihan ini agar air kelapa yang sebelumnya terbuang dapat ditambah nilai gunanya dan menambah pendapatan.

Dihadapan para peserta, tim memberikan materi dan menunjukkan cara mengolah air kelapa yang sudah didiamkan selama lebih kurang 24 jam untuk dijadikan nata de coco.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak desa dan para peserta. Mereka berharap dengan adanya pelatihan ini, masyarakat, khususnya kelompok PKK bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada, meningkatkan keahlian dan pengetahuan serta menambah penghasilan masyarakat.

“Kita berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan. Warga juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Warga juga berharap kita dapat menggelar pelatihan-pelatihan lain untuk warga desa disini,” ungkap M. Alkadri Perdana selaku ketua tim. (IRM)