Beranda \ Berita Polbeng \ Tingkatkan Kreatifitas dan Daya Saing Pengrajin Tenun Lejo, Tim Pengabdian Polbeng Gelar Pelatihan Menjahit Tingkat Dasar di Sebauk

Tingkatkan Kreatifitas dan Daya Saing Pengrajin Tenun Lejo, Tim Pengabdian Polbeng Gelar Pelatihan Menjahit Tingkat Dasar di Sebauk

 26 September 2018     Irmayanti


Dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi, kreatifitas dan daya saing pengrajin tenun lejo, salah satu tim pengabdian yang memperoleh pendanaan PNBP tahun 2018 dari Politeknik Negeri Bengkalis menggelar Pelatihan Keterampilan Menjahit Tingkat Dasar bagi Kelompok Pengrajin Tenun Lejo “Nuri” Desa Sebauk. Tim pengabdian yang terdiri dari dua dosen jurusan Administrasi Niaga, Nazrantika Sunarto dan Supriati ini melakukan kegiatan pelatihan bersama mitra setiap hari Sabtu dan Minggu selama 16 minggu terhitung sejak tanggal 28 Juli-23 September 2018.

Selama kegiatan pengabdian, para pengrajin kelompok “Nuri” diberi pelatihan menjahit tingkat dasar seperti membuat pola hingga menjahit pakaian yang sederhana. Hal ini bertujuan untuk mengkreasikan hasil produksi tenun yang sebelumnya hanya berbentuk kain panjang.

Selaku ketua tim pengabdian, Nazrantika berharap dengan pelaksanaan pelatihan ini, para pengrajin dapat meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing mereka di dunia industri tenun. Selain memberikan pelatihan menjahit tingkat dasar, para pengrajin juga diberikan informasi mengenai kreasi produk kain tenun, seperti pakaian pernikahan, tas, tanjak, sepatu dan sebagainya.

“Kita juga membagi ilmu manajemen dan pengelolaan keuangan kepada mitra agar dapat berjalan dengan lebih profesional,” ujar Nazrantika. Beliau juga berharap akan ada pelatihan-pelatihan menjahit tingkat lanjut kedepannya untuk membuka peluang pasar yang lebih luas bagi usaha tenun lejo, tenun khas Bengkalis ini. (IRM)