Beranda \ Berita Polbeng \ Dosen Polbeng Sosialisasikan Pemanfaatan Limbah Udang sebagai Bahan Pengawet Organik Melalui Pengabdian PNBP

Dosen Polbeng Sosialisasikan Pemanfaatan Limbah Udang sebagai Bahan Pengawet Organik Melalui Pengabdian PNBP

 27 September 2018     Andriano


Melaksanakan pengabdian masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen  dan merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi. Kali imi, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan oleh dua orang dosen Polbeng, Rika Rahmani dan Rajabal Akbar, melalui sosialisasi pengolahan limbah udang sebagai pengawet organik. Pengabdian ini juga merupakan salah satu proposal yang mendapat pendanaan PNBP tahun 2018.

Adapun mitra kegiatan pengabdian ini adalah salah satu UMKM Keripik Pisang di Desa Bantan. Kegaiatn yang digelar pada Kamis (27/9) siang tersebut diikuti oleh anggota UMKM.

Di hadapan para peserta, tim memaparkan bagaimana mengolah limbah udang menjadi bahan pengawet organik dengan melakukan beberapa proses hingga akhirnya berbentuk serbuk dan disebut kitosan.

Tim pengabdian ini sendiri sudah melakukan penelitian sejak beberapa bulan lalu untuk menghasilkan bahan pengawet dari limbah udang dengan melakukan beberapa eksperimen sebelum akhirnya mensosialisasikannya ke masyarakat.

Bahan pengawet ini nantinya dapat diaplikasikan pada buah pisang untuk mempertahankan kesegarannya dan memperlambat proses pematangan buah pisang. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pengelola usaha keripik pisang yang memang menggunakan pisang yang belum terlalu masak untuk dijadikan keripik.

Selain itu, limbah udang yang awalnya hanya dibuang daoat dimanfaatkan menjadi bahan yang bernilai guna. Melalui kegiatan pengabdian ini, Rika Rahmani selaku ketua tim pengabdian berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi mitra dalam menjalankan usaha keripik pisang mereka. (IRM)