Beranda \ Berita Polbeng \ Sosialisasi di Polbeng, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis Kenalkan aplikasi e-Pusda kepada Mahasiswa

Sosialisasi di Polbeng, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis Kenalkan aplikasi e-Pusda kepada Mahasiswa

 14 Maret 2019     Andriano


Dalam rangka mengenalkan Perpustakaan Elektronik (e-Pusda) pada masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisasi bagi mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis pada Selasa (12/3) bertempat di Aula Gedung Utama Kampus Polbeng.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai jurusan di Polbeng dan dibuka langsung oleh Wakil Direktur Bidang Akademik, Kasmawi. Sementara, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis diwakili oleh Kepala Dinas,   H Suwarto serta beberapa orang staff yang memberikan sosialisasi kepada peserta.

Kegiatan yang dimulai pada 08.00 ini diawali dengan sambutan dari Wakil Direktur, Kasmawi. Dalam sambutannya, Kasmawi menyampaikan kepada peserta bahwa keberadaan e-Pusda ini merupakan salah satu media untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

“Saya berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kemudahan ini dengan sebaik-baiknya sebagai sarana belajar dan mencari bahan untuk tugas-tugas kuliah,” ujar Kasmawi.

Dalam sosialisasi yang disampaikan, staf Dinas Perpustakaan ini, dijelaskan bahwa perpustakaan elektronik (e-Pusda) ini merupakan aplikasi berbasis android yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Bengkalis. Masyarakat dapat langsung mengunduh aplikasi di PlayStore dan diinstall di masing-masing smartphone.

Selanjutnya, pengguna mendaftarkan akun untuk login ke aplikasi dengan mengisi identitas yang diperlukan untuk menyelesaikan pendaftaran. Setelah berhasil mendaftarkan akun dan login ke aplikasi, pengguna dapat menikmati kemudahan membaca buku-buku yang telah ditambahkan dalam bentuk e-book tanpa perlu mendatangi perpustakaan langsung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, H. Suwarto menyampaikan bahwa tujuan dibuatnya e-Pusda ini tidak lain adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya.

“Terlebih lagi, saat ini masyarakat cenderung menyukai hal-hal kekinian dan mudah,” ujarnya.

Beliau berterima kasih kepada Polbeng yang telah memfasilitasi pengadaan sosialisasi ini.

“Kedepannya kita akan meningkatkan kerjasama kita dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa dengan membagikan e-book gratis,” tutupnya.