Beranda \ Berita Polbeng \ 3 Proposal PKM Polbeng Lolos Pendanaan Dikti 2019

3 Proposal PKM Polbeng Lolos Pendanaan Dikti 2019

 21 Maret 2019     Irmayanti


Pada Rabu, (20/3) lalu, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengumumkan hasil seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang yang akan memperoleh pendanaan Dikti tahun 2019. Pengumuman ini disampaikan melalui surat beserta lampiran jumlah judul proposal yang lolos pendanaan dari masing-masing kampus.

Dalam lampiran pengumuman tersebut, ada tiga proposal PKM Politeknik Negeri Bengkalis dinyatakan berhasil lolos seleksi dan evaluasi tim penilai untuk memperoleh pendanaan. Proposal yang lolos tersebut terdiri dari 1 proposal PKM Karsa Cipta, 1 proposal PKM Penerapan Teknologi, dan 1 proposal PKM Pengabdian kepada Masyarakat.

Untuk diketahui, Dirjen Belmawa telah membuka penerimaan proposal PKM 5 Bidang mulai 11 Desember 2018 s/d 17 Januari 2019 lalu. Berdasarkan hasil evaluasi tim penilai pada 13-14 Maret, Dirjen Belmawa kemudian mengumumkan jumlah proposal yang didanai dari masing-masing kampus.

Dari Polbeng sendiri, ketiga judul proposal yang didanai adalah S 3P I (Sistem Pakar Pedia Untuk Pertanian Indonesia Berbasis Android), ketua pengusul Aditya Hasudungan Sianturi dari Jurusan Teknik Informatika dengan jumlah pendanaan Rp. 5.000.000, Oven Pengering Pinang Turbo Jet untuk Meningkatkan Hasil Produksi Mitra Azhari, ketua pengusul Fery Ferdianto dari Jurusan Teknik Mesin dengan jumlah pendanaan Rp. 9.150.000, dan Pelatihan Manajemen Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan pada Kelompok UP2K-PKK Desa Senggoro, ketua pengusul Dea Yulianti dari Jurusan Administrasi Niaga dengan jumlah pendanaan Rp. 5.100.000.

Dana PKM ini akan disalurkan melalui kontrak kerja antara Dirjen Belmawa dengan pimpinan institusi perguruan tinggi terkait. Adapun pada bulan Juni sampai Juli mendatang, pihak Dirjen Belmawa akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait progress pelaksanaan di lapangan. (IRM)