Beranda \ Berita Polbeng \ Membanggakan, 8 Alumni Polbeng akan Lanjut Studi ke Tiga Universitas di Taiwan

Membanggakan, 8 Alumni Polbeng akan Lanjut Studi ke Tiga Universitas di Taiwan

 26 Maret 2019     Andriano


Kabar membanggakan datang dari alumni Politeknik Negeri Bengkalis. Sebanyak delapan alumni lulusan tahun 2017 dan 2018 Polbeng akan melanjutkan studi ke tiga perguruan tinggi di Taiwan melalui program Industry Academia Collaboration 2+i Taiwan-Indonesia 2019, yakni program beasiswa pemerintah Taiwan melalui Taipei Economic and Trade Office (TETO).

Program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa berprestasi, dalam hal ini lulusan jenjang Diploma III, untuk melanjutkan studi di Taiwan. Dalam program ini, mahasiswa akan kuliah selama 2 tahun di kampus dan dilanjutkan dengan magang di perusahaan-perusahaan di Taiwan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing selama 1 tahun sebelum lulus dan memperoleh gelar setara Strata satu (S1)

Menurut catatan staf international office, setidaknya ada 89 alumni dari 18 politeknik di Indonesia yang berhasil lolos seleksi untuk mendapat kesempatan ini. Dari 89 peserta tersebut, delapan diantaranya adalah alumni Politeknik Negeri Bengkalis yang terdiri dari 5 alumni D-III Bahasa Inggris lulusan tahun 2018, 2 alumni D-III Teknik Sipil lulusan tahun 2017 dan 2018, serta 1 alumni D-III Teknik Perkapalan lulusan tahun 2018.

Kedelapan alumni ini akan lanjut studi di tiga kampus berbeda dengan jurusan yang berbeda pula. Florida, Khusnul Himami, Ita Kardila, Rizka Rahmawati Rambe dan Bustami yang merupakan alumni D-III Bahasa Inggris akan lanjut studi ke Hsing Wu University Jurusan Hospitality Management. Sementara itu, Ainun Husna dan Muhammad Ramadhan, alumni D-III Teknik Sipil akan menempuh pendidikan di Minghsin University, Jurusan Teknik Sipil (Civil Engineering). Sedangkan Andri, alumni D-III Teknik Perkapalan, akan lanjut ke Cheng Shiu University, Jurusan Teknik Mesin (Mechanical Engineering).

Sebelum dinyatakan lolos seleksi, semua peserta ini sebelumnya sudah melalui tes wawancara dengan salah satu professor dari Taiwan di Medan pada bulan Nopember 2018 lalu. Sebelum keberangkatan, seluruh peserta program telah mendapatkan pembekalan dari Kemenristekdikti di salah satu hotel di Jakarta pada Selasa dan Rabu, 26-27 Maret lalu.

Direktur Polbeng, Muhamad Milchan, yang turut hadir dalam acara pembekalan tersebut saat dihubungi menyampaikan ucapan selamat beliau kepada alumni yang akan lanjut studi ke Taiwan. Mengingat para peserta ini akan berada di luar negeri selama lebih kurang tiga tahun, beliau berharap agar mereka betah walaupun harus jauh dari keluarga.

“Sekarang sudah banyak media komunikasi canggih yang bisa dimanfaatkan, video call misanya. Semoga kemudahan teknologi ini dapat mengobati rasa rindu dengan keluarga saat berjauhan nanti,” ungkap Milchan.

Muhamad Milchan juga berharap akan ada lebih banyak alumni yang berpartisipasi dalam program ini untuk pelaksanaan selanjutnya. “Ini kesempatan besar dapat mewujudkan mimpi kuliah keluar negeri. Kita berharap kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tutupnya. (IRM)