Beranda \ Berita Polbeng \ Alumni Polbeng Raih Juara II Ajang Duta Bahasa Riau 2019

Alumni Polbeng Raih Juara II Ajang Duta Bahasa Riau 2019

 29 April 2019     Irmayanti


Salah satu alumni Program Studi D-III Bahasa Inggris Politeknik Negeri Bengkalis lulusan tahun 2018, Sikin Nuratika menoreh prestasi membanggakan setelah dinobatkan sebagai juara II ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Propinsi Riau pada malam grand final yang digelar pada Sabtu (27/4) malam di Hotel Premier Pekanbaru. Acara yang digelar oleh Balai Bahasa Propinsi Riau ini merupakan persiapan sekaligus pemilihan wakil Propinsi Riau untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional nanti.

Terdapat 40 finalis terdiri dari 20 pria dan 20 wanita yang berasal dari berbagai daerah dan latar belakang (usia 18-25 tahun) di Propinsi Riau yang terpilih setelah melewati tahapan seleksi panitia. Diantara persyaratan untuk mengikuti ajang ini adalah menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan memiliki wawasan budaya Melayu yang memadai. Pendaftaran dan penyerahan berkas administrasi sendiri sudah dimulai sejak awal Maret lalu. Setelah dinyatakan lulus administrasi, peserta akan megikuti tes wawancara, penampilan bakat, dan tes tertulis sebelum akhirnya panitia mengumumkan 20 pasang finalis yang lolos. Selanjutnya, para finalis akan mempresentasikan makalah program kerja Duta Bahasa dan Kampanye Bahasa sebelum malam penobatan Duta Bahasa Riau 2019 digelar.

Sikin Nuratika yang saat ini melanjutkan studi ke Universitas Lancang Kuning menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih. “Saya sangat bersyukur terpilih sebagai juara dua dari puluhan finalis yang hebat-hebat saat proses seleksi. Mereka semua sudah melakukan yang terbaik,” ungkap Sikin.

Beliau juga senang karena bisa menjadi bagian dari keluarga duta bahasa Riau. “Semoga bisa mengemban kedepan dengan baik,” tambahnya. (IRM)