Beranda \ Berita Polbeng \ SK BAN-PT Telah Keluar, Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Terakreditasi B

SK BAN-PT Telah Keluar, Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Terakreditasi B

 28 Agustus 2019     Andriano


Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan tinggi. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintahan untuk mestandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Dalam hal ini, Politeknik Negeri Bengkalis ( Polbeng)  terus mendorong dan meningkatkan akreditasi program studi (prodi) di masing-masing Jurusan.

Seperti yang diketahui pada tanggal 8-10 Agustus 2019 yang lalu, Program Studi D4 Rekayasa Perangkat Lunak dikunjungi oleh dua orang asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni Dr. Surya Sumpeno, ST., MSc, dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Dr Transmissia Semiawan, BSCS., MIT, Ph.D, dari Politeknik Negeri Bandung dalam rangka visitasi akreditasi.

Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya hasil dari penilaian tersebut resmi diterbitkan oleh BAN-PT. Dalam Surat Keputusan yang dikeluarkan dengan nomor 3251/SK/BAN-PT/Akred/ST/VII/2019 menyatakan bahwa Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, pada Program Sarjana Terapan Politeknik Negeri Bengkalis, Kabupaten Bengkalis Terakreditasi dengan Peringkat B.

Keluarnya hasil akreditasi tersebut Rezki Kurniati, M. Kom selaku Ketua Prodi D4 Rekayasa Perangkat Lunak mengungkapkan rasa syukur beliau atas hasil yang diperoleh. Beliau berterima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dan membantu selama proses penyusunan borang akreditasi  sampai visitasi asesor.

“Penyusunan yang panjang beberapa kali perbaikan dan perubahan, pengecekan plagiat, kemudian ada riview dari exerternal. baru upload file di bulan maret 2019,” ujarnya

Sedangkan Danuri, M.Sc selaku ketua Jurusan Teknik Informatika mengatakan Hal pertama adalah bersyukur kepada allah swt atas hasil akreditasi yang diraih. Ini bukti kerja cerdas, kerja keras dan kerja tuntas dari semua pihak terutama Prodi sarjana terapan rekayasa perangkat lunak yang telah menyiapkan dari awal berdiri prodi sampai masa akreditasi. Apalagi ini merupakan akreditasi pertama yang belum memiliki lulusan.

“Alhamdulillah tahun depan lulusan perdana prodi sarjana terapan rekayasa perangkat lunak membawa ijazah dengan akreditasi berpredikat B,”imbuhnya

Selanjutnya ia juga menyampaikan bahwa di Jurusan  Teknik Informatika ada 2 program studi yaitu Diploma 3 Teknik Informatika yang lebih dahulu mendapatkan predikat B tahun 2016 dengan nomor 2216/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/X/2016 , tahun ini menyusul prodi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak meraih predikat B.

“ Kami harapkan tidak ada keraguan bagi orang tua yang ingin meneruskan pendidikan anak-anaknya di Jurusan TI karena keduanya telah terakreditasi dengan predikat B dari BAN-PT,”tutupnya