Beranda \ Berita Polbeng \ Pengabdian Masyarakat, Dosen Polbeng Hibahkan Alat Pengangkut Adonan Mi kepada Pemilik Usaha Mie Sagu Barokah

Pengabdian Masyarakat, Dosen Polbeng Hibahkan Alat Pengangkut Adonan Mi kepada Pemilik Usaha Mie Sagu Barokah

 04 Oktober 2019     Irmayanti


Dosen Politeknik Negeri Bengkalis kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat program hibah PNBP tahun 2019. Kali ini, tim pengabdian yang beranggotakan dua orang dosen Teknik Mesin, Bambang Dwi Haripriadi dan Rika Rahmani ini menyambangi salah satu UKM di Desa Air Putih, tepatnya Usaha Mie Sagu Barokah yang beralamat di Gg. Barokah, Jl. Pramuka untuk menghibahkan alat angkut adonan mie sagu kepada pemilik usaha.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (30/9) ini turut dihadiri oleh Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Polbeng, Akmal Indra serta pemilik usaha mie sagu Barokah. Dengan judul pengabdian “Penerapan Alat Angkut Adonan Mie Sagu”, alat angkut yang dihinahkan berupa rak-rak pengering beroda.

Tim pengabdian menjelaskan, tujuan penerapan alat angkut tersebut adalah untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja dan cedera pada para pekerja. Sebelumnya, Usaha Mie Sagu Barokah ini hanya menggunakan cara manual dalam memindahkan adonan, yakni adonan mi yang sudah jadi dipindahkan menggunakan kayu ke rak-rak pengering. Cara ini memungkinkan terjadinya kecelakaan kerja atau cedera pada pekerja karena tetesan air dari adonan mi yang jatuh. Selain itu, jumlah adonan yang dapat dipindahkan juga terbatas dan memerlukan tenaga yang lebih banyak.

Pemilik Usaha Mie Sagu Barokah selaku mitra pengabdian menyambut baik kegiatan dan ide dosen Polbeng ini. Beliau berharap alat yang dihibahkan dapat berfungsi dengan baik. Sementara itu, tim pengabdian juga berharap untuk tahun-tahun selanjutnya, lebih banyak lagi teknologi-teknologi yang dapat diterapkan melalui kegiatan pengabdian, misalnya tungku masak yang lebih hemat dan efisien, rak pengering yang lebih higienis, dan lain-lain. (IRM)