Beranda \ Berita Polbeng \ LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

LSP Polbeng Mendapatkan Bantuan PSKK 2020 BNSP

 27 Maret 2020     


Lembaga Seritifikasi profesi (LSP) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) sebagai pelaksana kegiatan seritikasi kompetensi profesi yang telah memperoleh lisensi dari Badan National sertifikasi Profesi (BNSP) dan merupakan perpanjangan tangan dari BNSP, tahun ini mendapatkan dana uji sertifikasi sebesar Rp. 211.000.000,- (dua ratus sebelas juta rupiah) dengan nama Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) 2020, yang bersumber dari BNSP dengan jumlah mahasiswa sebanyak 400 mahasiswa. Hal ini tertuang dalam surat penetapan  ketua BNSP No: 0575/BNSP/III/2020. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Zainal Abidin, ST,.MT selaku Ketua LSP Polbeng ketika ditemui di gedung utama kampus Polbeng (26/3) "Sebelumnya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh LSP Polbeng untuk dapat mengikuti program PSKK 2020 ini, yaitu dimulai dengan memperbarui data profil LSP Polbeng beserta kelengkapannya dan setelah dinyatakan lulus validasi oleh Tim BNSP,  baru kita bisa login ke Program PSKK 2020 dan mengisi kelengkapan yang diminta secara online".


Program Sertifikasi kompetensi kerja 2020 yang didapatkan merupakan pengakuan BNSP terhadap LSP Polbeng sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi penyelenggara uji kompetensi untuk mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan dunia kerja/industri. Program PSKK 2020 diperuntukkan untuk mahasiswa yg akan tamat tahun ini, baik mahasiswa bidikmisi maupun non bidikmisi dengan syarat matakuliah yang di persyaratkan oleh skema telah lulus.


"Dan harapan kedepan, kami sebagai Pelaksana LSP Polbeng mendorong komite skema/ketua jurusan melalui ketua TUK untuk terus menyusun dan mengevaluasi materi uji skema nya sehingga apa yang di persyaratkan dalam SKKNI tercapai" tambahnya.

Untuk diketahui LSP polbeng saat ini memiliki 5 TUK (Tempat Uji Kompetensi) dan 7 tujuh skema kompetensi, yakni Skema Welding Supervisor (Jurusan Teknik Perkapalan), Skema Jenjang Kualifikasi 3 Bidang Administrasi Profesional dan Skema Teknisi Akuntansi Muda (Jurusan Administrasi Niaga), Skema Pengoperasian Peralatan Kelistrikan Dan Elektronika Berbasis PLC dan Skema Pemasangan dan Inspeksi Instalasi Listrik Bangunan Sederhana (Jurusan Teknik Elektro), Skema Junior Web Programmer (Jurusan Teknik Informatika), dan Skema Estimator Biaya Jalan (Jurusan Teknik Sipil). (Humas Polbeng)