Beranda \ Berita Polbeng \ Mahasiswa Prodi D4 Teknik Listrik Polbeng Lolos Tahap Pertama Pilmapres 2020

Mahasiswa Prodi D4 Teknik Listrik Polbeng Lolos Tahap Pertama Pilmapres 2020

 27 Juli 2020     


Salah satu mahasiswa Program Studi D4 Teknik Listrik Politeknik Negeri Bengkalis (POLBENG) berhasil lolos tahap pertama dalam pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) 2020. Mahasiswa atas nama Kevin Gustiadi Putra tersebut diketahui lolos berdasarkan nilai CBT Wawasan Kebangsaan dan Bahasa Inggris yang telah dilakukan pada Kamis (02/07) dan Isian Borang Portofolio, Pusat Prestasi Nasional dan Dewan Juri Pilmapres tahun 2020 yang tercantum dalam pengumuman peserta Pilmapres di website.

Pemilihan Mahasiswa berprestasi ini merupakan kegiatan tahunan yang sangat strategis dan komprehensif untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki daya saing dan karakter yang unggul. Bedasarkan hasil verifikasi, terdapat 174 Perguruan Tinggi Jenjang Sarjana dan 64 Perguruan Tinggi Jenjang Diploma yang berhasil lolos, termasuk salah satunya mahasiswa Polbeng.

Johny Custer selaku Direktur Polbeng menjelaskan, setiap prodi mengajukan salah satu mahasiswa terbaiknya berdasarkan kriteria tertentu seperti prestasi akademik dan non akademik. Setelah itu akan diseleksi kembali oleh pihak internal kampus. Setelah lolos di tahap kampus, kemudian mengikuti sosialisasi dan selanjtunya ikut test Bahasa inggris dan wawasan kebangsaan yang diadakan oleh pihak pusat prestasi nasional secara daring.”

Dengan prestasi yang diraih sejauh ini, Johny Cuser berharap agar Kevin dapat tetap semangat berjuang dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) yang tinggal dua tahapan lagi untuk ke babak final. Selanjutnya, Kevin akan membuat karya ilmiah dalam tahap kedua Pilmapres. Apabila lolos, maka dapat langsung masuk ke babak final.

Ketua Program studi D4 Teknik Listrik Muharnis,ST.,MT merasa bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak didiknya, Menjadi sebuah kebanggaan, buat kami kerena dari 2.000 lebih Perguruan Tinggi yang berpartisipasi, polbeng berhasil lolos tahap pertama dalam ajang ini dan akan berhadapan dengan PTN terbaik seperti UI, UGM, dan ITS,” ujarnya.

Teguh Widodo S.Sos.,M.SM.,M.Rech selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan menjelaskan alur yang dilalui oleh Kevin Gustiadi Putra awal mula mengikuti Pilmapres. Sebelumnya, mahasiswa yang lolos tersebut telah menjalani seleksi internal di tahap kampus. “Dari semua fakultas dan program studi yang ada di Polbeng akan dicarikan yang terbaik untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional. Seleksi internal yang kami lakukan dalam bentuk wawancara dan tes potensi akademik. Kami juga melihat background mereka, mulai dari nilai IPK, kemampuannya dan portofolio yang sudah dimiliki,” terangnya.

Untuk diketahui, tahun sebelumnya mahasiswa Polbeng prodi TMPP atas nama Satrio Darma Utama lolos sampai 15 besar kategori program Diploma dan diundang langsung ke kampus IPB

Rencananya, Kevin akan mengikuti seleski tahap kedua mulai 22 Juli hingga 5 Agusus 2020, dimana penilaiannya akan dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2020. Dengan adanya prestasi yang diraih sejauh ini, Teguh Widodo berharap agar Kevin dapat tetap semangat berjuang dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) yang tinggal dua tahapan lagi untuk ke babak final. Untuk rencana selanjutnya, Kevin akan membuat karya ilmiah dalam tahap kedua Pilmapres. Apabila lolos, maka Kevin dapat langsung masuk ke babak final. R.A (HumasPolbeng)