Beranda \ Berita Polbeng \ Polbeng Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru dan KIP Kuliah Secara Virtual

Polbeng Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru dan KIP Kuliah Secara Virtual

 18 Februari 2021     


Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) mengadakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru sekaligus penjelasan terkait Program Indonesia Pintar (PIP) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kepada seluruh Sekolah SMK dan SMA di Riau secara Virtual.

Wakil Direktur 1 Polbeng Armada,S.T,M.T, menyampaiakan bahwa setiap siswa bisa bergabung melalui zoom dengan memasukan MEETING ID: 5842184363 Dan PASCODE : polbeng, Sosialisasi ini dilaksanakan setiap hari Senin s/d Jumat mulai pukul 14:00 dan dilanjutkan sesi tanya jawab setelahnya.

Armada,S.T,M.T mengungkapkan bahwa pemerintah tidak ingin ada anak Indonesia yang tidak bisa kuliah hanya karena terkendala urusan biaya, maka pemerintah keluarkan KIP Kuliah. Peserta KIP Kuliah harus memenuhi kriteria administrasi dan kriteria akademik.

“Sebagaimana diketahui bahwa KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, akan tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Calon penerima KIP Kuliah adalah siswa yang benar-benar orang yang berhak sesuai kriteria,” ungkap Armada.

Direktur Polbeng Johny Custer, S.T., M.T mengungkapkan Polbeng siap menerima mahasiswa Program KIP Kuliah. Sejak beberapa tahun terakhir Polbeng juga sudah menerima mahasiswa Program Bidik Misi. KIP Kuliah sendiri merupakan kelanjutan dari Program Bidik Misi.

“Polbeng berkomitmen dalam menyukseskan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah,” ungkapnya johny saat di jumpai di ruang aula politeknik negeri bengkalis. Kamis (18/2)
Johny juga menambahkan, KIP Kuliah merupakan salah satu amanat Undang-Undang Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

“KIP Kuliah ditujukan kepada masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Penerima beasiswa bidikmisi akan terus berlanjut, akan tetapi diganti namanya menjadi KIP Kuliah. Demikian juga halnya apabila ada masyarakat yang terdampak pada masa pandemik Covid-19 yang menyebabkan penurunan pendapatan di tahun berjalan, maka bisa diusulkan KIP Kuliah On Going baru,” terangnya. R.A (HumasPolbeng)