Beranda \ Berita Polbeng \ Empat Dosen Polbeng Jadi Pemateri pada Workshop Administrasi Sekolah bagi Tenaga Kependidikan SMK

Empat Dosen Polbeng Jadi Pemateri pada Workshop Administrasi Sekolah bagi Tenaga Kependidikan SMK

 25 Maret 2021     


Sebanyak 4 orang dosen Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menjadi pemateri dalam kegiatan Workshop Administrasi Sekolah Bagi Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Pelalawan.

Workshop diselenggarakan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Pelalawan yang bekerjasama dengan penerbit Erlangga ini berlangsung selama tiga hari sejak Senin 22 Maret hingga Rabu 24 Maret 2021 di Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

Kegiatan tersebut dipandu Sekretaris MKKS SMK Kabupaten Pelalawan Dr. Muhammad Syukri. S.Pd.,M.Pd dengan Ketua Pelaksana Muhammad Ripqi Lubis.SP.,M.Si.

Empat dosen pemateri itu masing-masing Ketua Jurusan Administrasi Niaga sekaligus Ketua Tim Yunelly Asra, Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Nazrantika Sunarto, Ketua TUK Admninstrasi Perkantoran yang juga Kepala Laboratorium Sistem Kearsipan Supriati dan Petugas Laboratorium Kearsipan Fitri Khairani.

Yunelly Asra mengatakan, mekanisme workshop ini menyangkut pemaparan materi dan diskusi tentang manajemen perkantoran, tupoksi tenaga administrasi/tata usaha sekolah, tata naskah dan persuratan, penomoran surat serta manajemen kearsipan.

“Setelah pemaparan materi dan diskusi, akan dilakukan praktek simulasi pembuatan surat dan pemberian nomor surat dinas serta praktek mengarsip dengan sistem subjek. Setelah itu diberikan tugas mandiri membenahi arsip di sekolah masing-masing,” ujar Yunelly Asra, Kamis 25 Maret 2021.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MKKS Kabupaten Pelalawan H. Nasril, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengatakan agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan antusias, jangan malu bertanya mengingat tugas tata administrasi di sekolah sangat berperan penting dalam mendukung pengelolaan manajemen sekolah.

Sementara itu, sebelum membuka workshop Kepala Cabang Dinas Wilayah I yang diwakili Asril Arief. S.Sos mengatakan menata arsip sangatlah penting untuk mempermudah dan mempercepat proses penemuan berkas kembali dan memperlancar pelayanan administrasi kepada publik.

Untuk itu, sambungnya, kegiatan ini sangat berguna dan berdampak positif bagi perkembangan tenaga kependidikan SMK yang ada di Kabupaten Pelalawan.