Beranda \ Berita Polbeng \ Peduli Sejarah, Polbeng Menulis Sejarah Suku Sakai

Peduli Sejarah, Polbeng Menulis Sejarah Suku Sakai

 27 Maret 2021     


Politeknik Negeri Bengkalis bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) gelar menulis sejarah suku sakai dengan mengangkat tema Ekspedisi Polbeng Menelusuri Jejak Suku Sakai di Riau, Desa Kesumbo Ampai, mulai tanggal 26 hingga 28 Maret 2021.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Kesumbo Ampai turut dihadiri langsung oleh Kepala Suku Sakai Bathin Sobanga, Datuk M Nasir, Sekretaris Desa, Indra, RT/RW setempat, serta para tamu undangan.

Kepala Suku Sakai Datuk M Nasir mengucapkan terimakasih karena telah berinisiatif untuk menulis sejarah buku sakai, semoga silaturahmi kita tetap berlanjut.

"Kami sangat senang sekali kedatangan bapak, ibu dan mahasiswa polbeng karena turut peduli dengan sejarah suku kami," kata Datuk M Nasir.

Sementara itu Wakil Direktur III Polbeng Akmal Indra mengatakan tujuan untuk pembuatan buku tentang sejarah suku sakai ini sebagai salah satu langkah untuk lebih mengenalkan adat istiadat suku sakai.

"Jika buku sejarah ini sukses dibuat maka kami akan membagikan ke sekolah agar mereka mengenal dan mengetahui tentang sejarah suku sakai," kata Akmal.

Akmal menambahkan Polbeng juga nanti akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk pemanfaatan pelepah sawit yang akan digunakan untuk pupuk organik dan makanan ternak.

"Setelah acara ini, mahasiswa kami akan melaksanakan observasi bersama narasumber yg telah ditentukan sampai sabtu. Kemudian pada hari minggu pagi, mahasiswa kami melaksanakan outbound bersama anak- anak setempat," ungkap Akmal lagi.

Akmal juga menjelaskan, saat ini Polbeng masih menerima mahasiswa baru dan dia mengajak anak suku sakai dapat kuliah di polbeng dimana Polbeng telah menyiapkan program beasiswa Provinsi dan Bank Indonesia juga Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Beasiswa prestasi dan lain-lain.

Pada akhir acara Wakil direktur III Akmal Indra menyerahkan cendera mata kepada Kepala Desa Kesumbo Ampai dan Kepala suku Bathin Sobanga juga menyerahkan buku dari sumbangan masyarakat Bengkalis untuk anak sekolah di desa kesumbo ampai, juga dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Dari Polbeng ikut hadir, Pembina UKM Jurnalistik, Andriano, dan 11 orang mahasiswa Polbeng.