UPT. Bahasa

18 Okt 2015 | Admin Polbeng


A. Pengantar

Unit Pelaksana Teknis Bahasa (UPT. Bahasa) adalah unit kerja yang dibentuk sebagai unit pendukung pencapaian visi, misi dan program kerja Politeknik Negeri Bengkalis.

B. Misi

Misi UPT Bahasa Politeknik  Negeri Bengkalis adalah sbb:

  1. menyelenggarakan pembelajaran bahasa secara efektif berdasarkan kebutuhan internal civitas akademika Politeknik  Negeri Bengkalis dan masyarakat umum.
  2. menyelenggarakan pelatihan bahasa, tes kebahasaan berstandar nasional dan  internasional berdasarkan kebutuhan internal internal civitas akademika Politeknik  Negeri Bengkalis dan masyarakat umum untuk keperluan studi lanjut dan dunia kerja;
  3. menyelenggarakan terjemahan buku dan teks limiah lainnya; dan
  4. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui layanan pelatihan/kursus bahasa asing.

C. Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi

Kedudukan UPT Bahasa adalah sebagai unit pendukung realisasi program kerja politeknik di bidang layanan bahasa yang meliputi bahasa Inggris, Prancis. Tugas pokok dan fungsi UPT. Bahasa  adalah sebagai pusat pelayanan bahasa yang dikelola secara professional untuk melayani kebutuhan sivitas akademika Politeknik Negeri Bengkalis maupun masyarakat umum. Dengan fungsi ini UPT Bahasa  melaksanakan strategi pengembangan diri sivitas akademika di bidang bahasa. Dalam melaksanakan fungsinya UPT.  Bahasa menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk berbagai layanan pendidikan/pengajaran bahasa, lokakarya pengajaran bahasa, uji kemahiran bahasa dan penerjemahan.

D. Fasilitas Belajar UPT. Bahasa

UPT. Bahasamemiliki fasilitas belajar yang mendukung adanya kegiatan belajar dan mengajar yang ideal dengan dilengkapi AC, peralatan audio-visual dan fasilitas internet. Sumber-sumber materi disediakan untuk para peserta agar dapat di review kembali oleh peserta. Sumber materi yang diberikan berupa buku teks, materi audio dan video.

E. Program Pelatihan Unggulan Upt.Bahasa

Program unit

  1. Menyelenggarakan English Proficiency test bagi mahasiswa dan umum
  2. Menyelenggarakan tes TOEIC (Test of English for Internal Communication)  Institutional bekerjasama dengan International Test Center (ITC) Jakarta
  3. Bekerjasama dengan Politeknik Melaka dan Politeknik Merlimau meneyelenggarakan English Camp bagi mahasiswa
  4. UPT.  Bahasa membantu penerjemahan dokumen-dokumen dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris dan sebaliknya
  5. Menyelenggarakan kursus  General English, English Conversation, English for Job Seekers, English for Academic Purposes, TOEFL Preparation, TOEIC Preparation,  dan Bahasa Perancis

 a.  General English

Program ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam bahasa Inggris dasar dan umum yang mencakup penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari

 b.   English  Conversation

Program ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam berkomunikasi secara lisan menggunakan bahasa Inggris pada tingkat dasar (elementary), menengah (intermediate) dan lanjut (advanced) untuk kehidupan sehari-hari.

 c.  English for Job Seekers

Program ini mengembangkan penguasaan bahasa Inggris peserta untuk mendukung pencari kerja dalam meningkatkan bahasa Inggris yang dibutuhkan pencari kerja.

 d.  English for Academic Purposes

Program ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi peserta agar dapat memenuhi persyaratan untuk mengikuti pendidikan lanjutan (S2 dan S3) di luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas.

 e.  TOEFL/TOEIC  Preparation Course

Program ini membantu mereka yang perlu menyiapkan diri untuk menghadapi tes TOEP/TOEIC/IELTS. Tersedia program intensive (3 minggu) dan extensive (3 bulan) yang pesertanya akan berlatih untuk membahas teknik dan strategi menghadapi tes untuk memperoleh skor yang maksimal.

 f.    Kursus bahasa Perancis

Kursus bahasa Perancis ini memberikan pelatihan bahasa Perancis tingkat dasar dasar  dengan menggunakkan metode pengajaran yang mudah dipahami dan dapat langsung dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari

g.    English for Specific Purposes (ESP)

Kursus ini dirancang untuk tujuan spesifik seperti English for Business, English for Nurse, English for Hotel, English for Engineering, English for Marketing, dan lain-lain

 h.   Terjemahan

Program ini memberika kemudahan bagi mereka yang membutuhkan jasa penerjemahan dokumen dan teks lainnya dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

 Daftar Staff Pengajar

1.    M. Sabri, S.Pd., M.Par (S2: Université d`Angers, Perancis)

2.    A. Malik Ahmad, M.Ed (S2: University Kebangsaan Malaysia, Malaysia)

3.    Rionaldi, M.Pd (Universitas Negeri Padang)

4.    Halim Dwi Putra, S.Pd,. M.Ab ( Universitas Brawijaya, Malang)

5.    Safra Apriani Zahraa, M.Pd ((Universitas Negeri Padang)

6.    Diah Paramita Sari M.Pd (Universitas Negeri Padang)

7.    Boni Saputra, M.Pd (Universitas Negeri Padang)

8.    Ari Satria, M.Pd. B.I ( Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)

9.    Aswandi, M.Pd (Universitas Negeri Padang)

10.  M.I. Gunawan, SS

 

Layanan-layanan tersebut di atas tersedia sesuai jadwal regulerUPT. Bahasa atau jadwal khusus sesuai kesepakatan antara pengguna dan penyelenggara UPT. Bahasa. Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran peserta dapat menghubungi Sekretariat UPT. Bahasa,  Gedung C lantai 2,  Jl. Bathin Alam, Sungai Alam  Bengkalis.  , Senin – Jum’at pukul 08.00 – 16.00 WIB atau e-mail uptbahasa@polbeng.ac.id. Contact person  (Ely: 085264651693)

Shared